Menkeu: Rupiah Masih Lebih Baik ketimbang Rupee

Kompas.com - 13/09/2013, 19:04 WIB
KONTAN/AHMAD FAUZIE Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan, nilai tukar rupiah melemah sekitar 16 persen (ytd). Namun, Chatib menganggap bahwa nilai tersebut masih lebih baik dibanding rupee India.

"Saya tidak berani bilang nilai, yang penting tidak volatile. More or less stable, tidak lompat-lompat," kata Chatib saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Jumat (13/9/2013).

Ia menambahkan, di awal tahun nilai tukar rupiah masih berada di level Rp 9.700 per dollar AS. Sementara saat ini bergerak di level Rp 11.400 per dollar AS sehingga kondisi pelemahannya sekitar 16 persen.

Sementara itu, kondisi rupee India melemah sekitar 20 persen dan nilai mata uang real Brasil justru melemah di atas itu. Oleh karena itu, bank sentral dan pemerintah sendiri berusaha terus menjaga stabilitas rupiah. "Kita akan terus berkoordinasi dengan Bank Indonesia (BI) soal itu," tambahnya.

Hingga sore ini, rupiah berdasarkan kurs Bloomberg berada di level Rp 11.256 per dollar AS, menurun 1,6 persen dibanding perdagangan kemarin. Hingga saat ini, rupiah melemah 15 persen (ytd), sementara sepekan melemah 1,9 persen. Rupiah diperkirakan masih akan bergerak di level Rp 11.304-11.450 per dollar AS.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorBambang Priyo Jatmiko
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X