BI Rate Naik, CIMB Niaga Naikkan Suku Bunga Kredit

Kompas.com - 16/09/2013, 14:06 WIB
Arwin Rasyid 
Presiden Direktur CIMB Niaga KOMPAS/HERU SRI KUMOROArwin Rasyid Presiden Direktur CIMB Niaga
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Direktur PT Bank CIMB Niaga Tbk Arwin Rasyid mengatakan kenaikan BI Rate menjadi 7,25 persen akan membawa dampak positif bagi perbankan.

"Kenaikan BI Rate langkah bagus, karena BI melakukan langkah cooling down ekonomi. Bank akan hati-hati dalam penyaluran kredit," kata Arwin di Jakarta, Senin (16/9/2013).

Arwin menyatakan, dampak dari kenaikan tingkat suku bunga bank akan berimbas pada penurunan minat ekspansi, karena bunga bank akan disesuaikan dengan tingkat kenaikan yang beragam.

"Sekarang dana pinjaman tumbuhnya lebih cepat dari dana murah, kenaikan (BI Rate) memberikan sinyal yang kuat. Pengusaha akan hitung kembali, jangan over agresif," kata Arwin.

Menurut Arwin, bulan lalu pihaknya telah menaikkan suku bunga kredit. "Kenaikan bulan lalu, ada yang 50 basis poin, ada yang 4 persen. Memang tidak tidak merata, karena bank melihat semua bisnis. Makanya tidak rata kenaikannya," jelasnya.

Di samping kenaikan kredit, Arwin menyatakan pihaknya telah melakukan koreksi angka pertumbuhan kredit di tahun 2013. Jika awalnya CIMB Niaga menargetkan kredit mampu tumbuh 15 persen, sekarang diperkirakan akan tumbuh 10 persen.

"Kita harus realistis BI Rate naik maka akan slow down, dan ada aturan yang ketat soal LTV dan KKB makanya daya beli juga menurun, dan kita sudah antispasi soal ini," ungkapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X