Menkeu: Mahendra Cocok Jadi Kepala BKPM

Kompas.com - 17/09/2013, 10:20 WIB
Muhammad Chatib Basri KOMPAS/PRIYOMBODOMuhammad Chatib Basri
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Chatib Basri menilai penunjukan Wakil Menteri Keuangan Mahendra Siregar menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang baru merupakan hal yang cocok. Mahendra dianggap pantas menggantikan Chatib yang sebelumnya juga masih merangkap sebagai Kepala BKPM.

"Pak Mahendra itu punya jaringan dengan swasta. Saya kira dia orang yang cocok," kata Chatib saat ditemui di Gedung DPR Jakarta, Senin (16/9/2013) malam.

Sebelum menjadi Wakil Menteri Keuangan ini, Mahendra Siregar pernah menjadi Direktur Utama Lembaga Pembiayaan Ekspor Impor (LPEI). Lalu pernah menjadi Deputi di Kementerian Perekonomian serta menjadi Wakil Menteri Perdagangan.

Dengan rentetan jabatan yang pernah diembannya, Chatib menilai Mahendra sebagai sosok yang mengerti birokrasi serta memiliki jaringan internasional yang luas. Dengan profil itu, maka BKPM akan bisa menjadi institusi yang mampu meningkatkan investasi asing di tanah air dan sekaligus bisa menjembatani investasi domestik di luar negeri.

"Jadi saya tidak melihat alasan untuk tidak optimis pak Mahendra menjadi Kepala BKPM," jelasnya.

Soal pengganti Wakil Menteri Keuangan, Chatib masih enggan berkomentar. "Saya mesti tanya ke pak Presiden," katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X