Pelamar CPNS Kementerian Keuangan Membludak

Kompas.com - 18/09/2013, 10:23 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Minat masyarakat terhadap lowongan calon pegawai negeri sipil (PNS) setiap tahun semakin tinggi. Hal ini terlihat dari jumlah pelamar CPNS di setiap kementerian atau lembaga yang saat ini banyak membuka lowongan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Kiagus Ahmad Badaruddin mengatakan, pihaknya menerima ratusan ribu pendaftar sejak pembukaan CPNS bulan Juli lalu hingga saat ini. "Pendaftar CPNS yang sudah masuk ke kami ada sekitar 110.000. Padahal kami membuka lowongan penerimaan CPNS tahun ini hanya sekitar 3.000 orang," kata Kiagus saat ditemui di kantornya, Selasa (17/9/2013) malam.

Data dari Kementerian Keuangan memang menunjukkan jumlah peminat yang tinggi untuk setiap lowongan di sejumlah kementerian atau lembaga. Hal ini merupakan hal yang wajar karena pelamar memang datang dari seluruh Indonesia. "Sudah biasa dari tahun ke tahun memang seperti itu. Malah lebih parah dari Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB)," katanya.

Sekadar catatan, Kementerian Keuangan membuka kesempatan kepada para sarjana atau sarjana muda, mulai dari tingkat D-III dan S-I serta tingkat SMK berbagai jurusan untuk menjadi PNS di lingkungan Kementerian Keuangan.

Kementerian ini membuka lowongan PNS untuk jabatan Analis Pajak, Penata Laporan Keuangan, Analis Bea Cukai, Analis Fiskal, Juru Motor, Verifikator Pajak dan Bea Cukai, Analis Laboratorium, Juru Mudi, Juru Minyak, Kelasi Kapal, Operator X-Ray dan lainnya. Sehingga jumlah formasi kebutuhan PNS tahun ini mencapai 2.909 kursi.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.