Bank Mandiri Sediakan Layanan "Cash Management" TPK Koja

Kompas.com - 18/09/2013, 15:21 WIB
Ilustrasi: Pelayanan nasabah di Plaza Bank Mandiri, Jakarta. KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi: Pelayanan nasabah di Plaza Bank Mandiri, Jakarta.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri Tbk menyediakan layanan perbankan kepada KSO Terminal Peti Kemas (TPK) dalam bentuk cash management untuk mendorong efisiensi pengelolaan transaksi keuangan.

Layanan transaksi melalui jaringan Sarana Elektronik Cargolink itu dapat memudahkan proses pembayaran pengguna jasa TPK Koja, sehingga dapat meningkatkan kalitas layanan ke pelabuhan.

"Layanan perbankan ini diharapkan dapat mempercepat dan meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan keuangan perusahaan serta memudahkan transaksi pembayaran pengguna jasa kepada TPK Koja. Sehingga pada akhirnya, pelayanan ke pelabuhan pun dapat lebih cepat," kata Direktur Commercial & Business Banking Bank Mandiri Sunarso dalam siaran pers, Rabu (18/9/2013).

Menurut Sunarso, untuk ekosistem pelabuhan, Mandiri mengembangkan layanan payment system untuk pembayaran biaya terminal handling, pajak ekspor-impor, dan biaya-biaya lain seperti biaya pengapalan dan asuransi.

Layanan ini sudah bisa dimanfaatkan oleh terminal peti kemas, perusahaan pelayaran dan forwarder, asuransi serta eksportir-importir.

Layanan perbankan lain yang juga dikembangkan Bank Mandiri meliputi pemberian jasa advisory (mengenai regulasi perdagangan internasional yang berlaku, risiko dan mitigasinya), pembiayaan pra pengapalan, pembiayaan pasca pengapalan, serta pembiayaan deferred payment (penundaan pembayaran impor).

Saat ini transaksi melalui layanan cash management Bank Mandiri mencapai 13,7 juta transaksi dengan nilai sebesar Rp 1.249,9 triliun hingga Juli 2013. Nilai transaksi itu naik 57 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 796,1 triliun.

Adapun jumlah pengguna layanan Mandiri Cash Management pada Juli 2013 sebanyak 78.117 pengguna. Jumlah itu diharapkan bertambah menjadi 103.899 pengguna pada akhir 2013.

General Manager TPK Koja Indra Hidayat Sani mengemukakan, solusi pembayaran yang disediakan Bank Mandiri membantu meningkatkan kemudahan transaksi keuangan TPK Koja untuk optimalisasi pemanfaatan jasa kepelabuhanan.

“Kami merasa optimis, melalui kerjasama dengan Bank Mandiri, layanan jasa kepelabuhan TPK Koja dapat terus meningkat dan berkembang ke arah yang lebih baik,” ujar Indra.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X