Bernanke: Tak Ada Kalender Pasti untuk Pengurangan Stimulus!

Kompas.com - 19/09/2013, 05:07 WIB
Ben Bernanke Ben Bernanke
|
EditorPalupi Annisa Auliani
WASHINGTON, KOMPAS.com — Gubernur Bank Sentral Amerika (The Fed) Ben Bernanke, Rabu (18/9/2013), menegaskan tidak ada kalender pasti untuk pengurangan stimulus atau tapering. Kemungkinan pengurangan kucuran dana 85 miliar dollar AS per bulan tersebut bahkan masih terbuka dilakukan pada tahun ini.

The Fed telah mengejutkan pasar dengan menyatakan belum akan mengurangi kucuran stimulus, Rabu. Pasar telah memperkirakan tapering akan mulai terjadi pada September 2013, setelah pada Mei 2013 diwacanakan oleh Bernanke.

"Tidak ada kalender tetap (untuk tapering)," kata Bernanke kepada wartawan dalam konferensi pers setelah pertemuan kebijakan dua hari Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC). "Jika data mengonfirmasi outlook dasar kita, jika kita lebih percaya diri dalam pandangan yang ... maka kita bisa bergerak (mengurangi stimulus) akhir tahun ini," kata dia.

Namun, Bernanke menegaskan pengurangan stimulus sangat tergantung pada berlanjut atau tidaknya pemulihan ekonomi Amerika saat ini. "Kita terikat dengan data," ujar dia.

Sebelumnya para analis memperkirakan, FOMC akan menggulirkan tapering pertama dari stimulus yang telah dikucurkan sejak akhir 2008 itu. Quantitative easing berupa pembelian obligasi negara tersebut dikucurkan The Fed sebagai respons atas krisis keuangan yang meletus setelah skandal subprime mortgage.

Seperti dalam pernyataan The Fed, Bernanke mengatakan saat ini FOMC mewaspadai lonjakan suku bunga perbankan dalam empat bulan terakhir. Meski sejak awal Bernanke menyatakan tapering tidak terkait dengan peningkatan suku bunga acuan (Fed Rate), perbankan telah menaikkan suku bunga terutama untuk kepemilikan rumah.

Selain lonjakan suku bunga kredit itu, imbuh Bernanke, The Fed juga masih memantau dampak pengetatan anggaran belanja pemerintah. Kedua faktor itu menurut The Fed akan menjadi penghalang laju pertumbuhan ekonomi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X