Citilink Kembali Datangkan Armada Baru A320

Kompas.com - 19/09/2013, 20:19 WIB
Pesawat Airbus A320 Citilink TRIBUNNEWS/DANY PERMANA Pesawat Airbus A320 Citilink
EditorBambang Priyo Jatmiko

MAKASSAR, KOMPAS.com - Armada pesawat Citilink bertambah, seiring dengan datangnya Airbus A320 terbaru. Pesawat ke 23 tersebut resmi didatangkan Kamis (19/9/2013) dan merupakan pesawat pertama dari maskapai tersebut yang menggunakan sharklets.

Sharklets merupakan bentuk sayap dengan desain khusus  untuk meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar.

Chief Executive Officer (CEO) PT Citilink Indonesia Arif Wibowo mengatakan kehadiran pesawat terbaru tersebut semakin memperkuat Citilink dalam memenuhi permintaan pasar penerbangan di Tanah Air.

‎"Kami yakin Citilinkers (pelanggan Citilink) akan memiliki pengalaman terbang yang aman, nyaman, dan menyenangkan bersama Citilink,"jelas Arief Kamis (19/9/2013).

Kehadiran Airbus A320 terbaru ini sebagai bentuk peremajaan dari pesawat Boeing 737. Saat ini Citilink mengoperasikan 22 pesawat Airbus A320. Pesawat ini mampu mengangkut 180 penumpang serta memiliki Electronic Centralised Aircraft Monitor (ECAM) atau Monitor Pesawat Elektronik Terpusat yang memberikan informasi kepada awak pesawat mengenai semua sistem di dalam pesawat.

Selain memberikan informasi, ECAM juga berfungsi utuk menyediakan peringatan otomatis terhadap kerusakan sistem, memperlihatkan daftar kerusakan pada sistem serta menginformasikan langkah-langkah untuk mengatasi kerusakan tersebut secara digital.

Baru-baru ini Citilink juga telah menerapkan sistem penerbangan transit (Through Check-In) pada 13 rute. Sistem ini akan mempermudah Citilinkers karena pada saat berada di bandara penghubung tidak perlu check-in kembali dengan membawa barang bagasi untuk menuju destinasi akhir.

Hingga saat ini, Citilink mengoperasikan 22 armada Airbus A320 terbaru untuk melayani 21 rute domestik di 19 kota tujuan ke berbagai kota di wilayah Indonesia setiap harinya. (Hajrah)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.