Kompas.com - 20/09/2013, 11:54 WIB
EditorErlangga Djumena


BANGKA, KOMPAS.com
- Maskapai Nam Air, anak usaha PT Sriwijaya Air bakal memulai penerbangan perdananya pada 1 Oktober 2013. Rencana tersebut lebih cepat dari target sebelumnya yaitu pada awal 2014.

"Nam Airlines akan dapat menjembatani kepulauan di Indonesia dalam hitungan jam," kata Presiden Direktur Sriwijaya Air Chandra Lie,kepada Bangkapos.com (Tribunnews.com Network), Kamis (19/9/2013).

Menurut Chandra, untuk penerbangan perdana NAM Airlines akan dimulai 1 Oktober 2013 dari Soekarno Hatta ke Bandara Depati Amir, Pulau Bangka.

Corporate Secretary Sriwijaya Air Agus Soedjono, mengatakan Surat Izin Usaha Penerbangan (SIUP) Nam Air sudah diterbitkan oleh Kementerian Perhubungan, sedangkan Air Operator Certificate (AOC) maskapai juga masih proses dan dipastikan sudah keluar sebelum 1 Oktober 2013.

Nantinya, Sriwijaya Air bakal memegang AOC 121, yaitu sertifikat yang diberikan kepada maskapai yang mengoperasikan pesawat berkapasitas di atas 30 tempat duduk (seat). "1 Oktober Joyflight, dan 2 Oktober mulai melakukan penerbangan komersial. Rute pertama yaitu Jakarta-Bangka," kata Agus.

Nam Air diproyeksikan menjadi pengumpan (feeder) bagi maskapai Sriwijaya Air yang bakal menerbangi rute-rute seperti Labuan Bajo, Ende, Larantuka, dan Rote. Untuk sementara Sriwijaya Air bakal menggunakan empat unit armada Boeing 737-500 winglet sebagai syarat kelengkapan keluarnya AOC dari Kemenhub.

Sebagai informasi, hingga saat ini Sriwijaya Air memiliki 38 pesawat dengan 41 kota tujuan dan tiga rute diantaranya adalah rute internasional yaitu Singapura, Penang, dan Malaysia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.