Investasi Pabrik Ponsel Rp 1 Triliun, Cross Pilih Semarang

Kompas.com - 20/09/2013, 15:14 WIB
Ilustrasi pabrik ponsel Ilustrasi pabrik ponsel
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Aries Indo Global (AIG), produsen telepon seluler (ponsel) CROSS, membangun pabrik di Semarang, Jawa Tengah, dengan nilai investasi lebih dari Rp 1 triliun.

"Investasi pabriknya belum kita hitung secara pasti, tapi tidak kurang dari Rp 1 triliun," ungkap Direktur PT AIG, Edward Sofyananda, di Jakarta, pada Jumat (20/9/2013).

Pabrik tersebut merupakan pabrik pertama PT AIG. Invetasi didapat dari kas internal perusahaan, dan pinjaman dari bank, dengan rasio 50:50. Adapun luas pabrik yang akan dibangun lebih kurang 8 hektar.

Edward mengatakan, pabrik dapat mulai berproduksi tahun 2014. Pada tahap pertama setidaknya akan diproduksi 10 line ponsel, atau setara 500.000 hingga 600.000 unit. "Kita harapkan 20 persen pada produksi tahun pertama bisa masuki pasar ASEAN," kata dia.

Ditemui usai peresmian rebranding, CROSS menjadi EVERCOSS, Chief Marketing Officer PT AIG, Janto Djojo mengatakan pilihan Semarang sebagai basis produksi karena upah minimum provinsi yang lebih murah.

"Bedanya sama Jakarta Rp 1 juta kan. Lagi pula kalau ada demo, di sana, aman-aman saja," kata Djanto kepada Kompas.com, Jumat.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X