Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsistensi, Cara untuk Memikat Investor Kembali ke Indonesia

Kompas.com - 23/09/2013, 21:42 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonom Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih menyatakan, cara memikat investor untuk berinvestasi di tanah air adalah dengan konsistensi kebijakan antara pemerintah dan Bank Indonesia (BI).

"Sekarang yang ingin kita bangun adalah kepercayaan investor. Kalau investor percaya, mereka bisa menggunakan penundaan tapering off dengan kembali ke pasar modal Indonesia," kata Lana ketika ditemui di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Senin (23/9/2013).

Lana berpendapat investor selalu melihat apakah pemerintah dan BI konsisten dalam upaya perbaikan defisit neraca transaksi berjalan. Meskipun defisit tetap terjadi, investor tetap akan berinvestasi bila pemerintah konsisten dengan kebijakannya.

"Kalau kebijakan yang diumumkan konsisten, itu sudah bisa membangun kepercayaan bahwa Indonesia serius memperbaiki defisit neraca transaksi berjalan," ujar Lana.

Para investor, lanjutnya, tentu mengetahui hasil kebijakan baru akan terlihat kemudian, karena perbaikan neraca transaksi berjalan tidak memakan waktu yang cepat. Oleh karenanya, ia berharap adanya keselarasan antar institusi dalam membuat kebijakan.

"Jangan masing-masing tujuan yang berbeda. Kalau tujuannya memperbaiki neraca transaksi berjalan, fokus pada tujuan tersebut. Bagaimana mencapainya itu harus dengan kebijakan yang konsisten satu sama lain," tegas Lana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com