Negosiasi Rampung , RNI Segera Ekspor Teh ke China

Kompas.com - 24/09/2013, 14:35 WIB
Ilustrasi perkebunan teh KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARIIlustrasi perkebunan teh
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI), PT  Mitra Kerinci segera melakukan ekspor teh ke China, lantaran negosiasi perdagangan dengan negara tersebut telah selesai.

“Proses negosiasi sudah selesai, Insya Allah minggu depan, kita akan eskpor ke Cina. Dengan demikian, jumlah ekspor sebanyak 15 kontainer per bulan atau setara dengan Rp 6,4 miliar," ujar Direktur Utama RNI, Ismed Hasan Putro dalam keterangan resminya, Selasa (24/9/2013).

Menurutnya, dengan terbukanya pasar China, hal itu akan mendorong penjualan teh ke pasar ekspor. Sejauh ini RNI menggenjot enjualan teh ke pasar ekspor untuk menarik devisa ke dalam negeri.

Ekspor teh saat ini terasa spesial, mengingat naiknya nilai dollar AS terhadap rupiah menjadikan peluang untuk mendapatkan margin yang lebih besar serta optimalisasi devisa ekspor.

"Tidak ada pilihan lain bagi Indonesia adalah dengan menggenjot ekspor dan mengurangi ketergantungan pada negara lain melalui impor. Selain untuk memenuhi kebutuhan domestik, Mitra Kerinci dipacu kinerjanya untuk meningkatkan kuantitas produksi teh," lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Ismed secara simbolis melakukan pelepasan ekspor teh hitam ke Taiwandi Pelabuhan Belawan Medan produksi Mitra Kerinci.

PT Mitra Kerinci saat ini dikenal sebagai industri pengolah teh hijau terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara yang terletak di kaki Gunung Kerinci dan juga dikenal sebagai penghasil teh dengan kandungan tannin tertinggi di Indonesia. 

Hal inilah yang menyebabkan produksi teh dari perusahaan ini sebagai teh dengan kualitas terbaik di dunia. “Untuk kebutuhan lokal, dalam waktu yang tidak lama lagi, kami akan segera meluncurkan produk teh berkualitas dengan merek Raja Teh,” papar Ismed.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X