Kompas.com - 26/09/2013, 13:35 WIB
XL Axiata KONTAN/ MuradiXL Axiata
EditorBambang Priyo Jatmiko

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - PT XL Axiata Tbk akhirnya mencapai kesepakatan untuk mengakuisisi PT Axis Telekom Indonesia dengan mengambil alih 95 persen saham Saudi Telecom di Axis.

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Kuala Lumpur hari ini, Kamis (26/9/2013), Axiata Group Bhd selaku induk dari XL Axiata menyampaikan nilai bisnis (enterprise value) Axis mencapai 865 juta dollar AS.

Dengan adanya pengumuman itu, dipastikam XL akan segera merampungkan akuisisi terhadap operator telepon seluler yang selama ini sahamnya dikuasai oleh Saudi Telecom itu.

Sebelumnya,  XL Axiata telah mendapatkan izin prinsip dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) untuk melakukan akuisisi operator seluler PT Axis Telekom Indonesia (Axis).  Namun, XL masih harus mendapatkan izin dari BKPM dan BEI.

Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi atas keluarnya surat izin prinsip dari Kemkominfo untuk melakukan akuisisi Axis.

Saat itu dia menyatakan bahwa  pihaknya belum bisa mengungkapkan nilai akuisisinya lantaran proses negosiasi masih berlangsung. Hasnul menjelaskan, jika nantinya proses akuisisi bisa berjalan mulus, maka XL dan Axis akan merger. "Jadi kita itu akan konsolidasi, bukan sendiri-sendiri," ungkap dia.



Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X