Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPR: Benahi Lion Air

Kompas.com - 01/10/2013, 08:01 WIB
Imam Prihadiyoko

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Permasalahan yang terjadi pada Lion Air kembali terjadi, yaitu akibat delay yang terlalu lama. Kondisi ini membuat penumpang yang sudah berada di dalam pesawat merasa kepanasan yang ahirnya mereka membuka pintu darurat pesawat secara paksa.

"Hal ini harusnya tidak perlu terjadi bila awak kabinnya saat itu sigap melihat situasi dalam pesawat. Lion memang merupakan maskapai nasional yang sangat besar, namun belum didukung oleh SDM yang andal dan memadai," ujar Saleh Husin dari Fraksi Hanura, di Jakarta, Senin (30/9/2013) malam.

Saleh mengaku sudah melihat pihak Lion Air mulai melakukan pembenahan, tetapi disayangkan juga masih sering dijumpai penumpang yang mengeluh. "Keluhan terjadi ketika check in di ruang tunggu dan yang paling sering masalah yaitu saat pengambilan bagasi. Nah, di sinilah perlu pembenahan yang mendasar dari manajemen Lion Air," ujarnya.

Untuk itu, Ditjen Perhubungan Udara, menurut Saleh, harus lebih tegas dan fokus mengawasi Lion Air agar penumpang tidak merasa dirugikan.

"Jangan hanya berorientasi mengejar keuntungan semata sehingga pelayanan dan keselamatan dinomorduakan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com