Kompas.com - 01/10/2013, 16:51 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah maskapai penerbangan siap menggunakan biofuel sebagai pengganti bahan bakar fosil yang selama ini digunakan. Salah satunya adalah PT Garuda Indonesia Airlines Tbk (GIAA).

Direktur Operasional GIAA, Noviantono Herupratomo mengatakan, meskipun perseroan siap menggunakan biodiesel, namun hal itu masih terkendala ketersediaan atau pasokan biofuel sendiri.

"Itu kan masih wacana, masih trial. Intinya selama belum ada kebijakan bahan bakar nonfosil ini sebaian untuk industri ini, enggak ada orang mau bikin. Saya bilang wacana, kita user kok," kata dia kepada Kompas.com, ditemui di sela-sela penandatanganan GIAA dengan ATR dan NAC, di Jakarta, Selasa (1/10/2013).

Ia menjelaskan, sebetulnya pesawat terbang bisa menggunakan bahan bakar non avtur, seperti dengan biofuel, sepanjang komposisi kimianya sama.

"Ya bisa lah. Kita siap, tapi barangnya belum ada. Semua pesawat siap, tapi bahan bakar itu komposisinya harus sama dengan avtur. Bedanya hanya kalau avtur fosil, biofuel non fosil, tapi komposisi kimianya sama," kata dia.

Ia mengatakan saat ini ketersediaan bahan bakar biofuel belum ada di Indonesia. Sementara itu Eropa dan Amerika Serikat sudah bisa memanfaatkan bahan bakar. Kalaupun ada, itu pun dalam jumlah kecil, dan harga keekonomiannya lebih tinggi 1,5 kali harga avtur.

Sebagaimana diketahui, krisis energi mengancam Indonesia. Sementara kebutuhan energi bertambah, cadangan mulai menipis, terlebih lagi belum ada penambahan kilang minyak.

Untuk Garuda, sepanjang 2013 ini diperkirakan bakal menghabiskan avtur sebanyak 1,38 miliar liter, atau naik 10-15 persen dari yang tahun lalu, sekitar 1,2 miliar liter avtur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.