Kompas.com - 03/10/2013, 13:54 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Duta besar Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal meminta Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk tetap menarik minat investor asing dalam menanamkan modalnya di Indonesia. Apalagi beberapa pelayanan kantor pemerintah AS saat ini sedang berhenti (shutdown).

"Indonesia harus fokus, keep investor happy. Berikan juga insentif, tarik lagi investor yang belum masuk. Itu pekerjaan rumah kita," kata Dino saat ditemui di kantor BKPM Jakarta, Kamis (3/10/2013).

Ia berharap dampak shutdown pemerintah AS ini tidak terlalu lama. Sebab, dengan tidak jadinya rencana The Fed untuk memberikan stimulus justru membuat investor asal AS kembali ke negaranya.

Kondisi tersebut, kata Dino harus dicermati oleh semua pihak baik dari Bank Indonesia (BI), perbankan hingga BKPM. Sebab, AS sendiri menginginkan ada investasi lanjutan di 2013 hingga 2018 mendatang dengan nilai 61 miliar dollar AS.

"Mudah-mudahan dampak shutdown ini tidak berlaku lama. Tapi homework kita, menjaga convidence investor asing kepada Indonesia agar mereka tetap stay di Indonesia," tambahnya.

Dino menganggap, masyarakat AS sudah jenuh melihat kongres yang selalu debat sendiri. Kemudian masyarakat AS dan kongres AS sendiri malas membaca surat Obama khususnya alasan pemerintah AS melakukan shutdown pemerintahannya. "Dan itu mencerminkan sekarang kondisinya di Amerika Serikat sangat terpolarisasi. Kita harapkan semoga bisa ada solusi," jelasnya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.