Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Gandeng 3 BUMN Ciptakan Roket Canggih

Kompas.com - 04/10/2013, 16:40 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Konsorsium yang terdiri dari PT Pindad (Persero), PT Dirgantara Indonesia (PTDI), Dahana, Ristek, dan BPPT tengah mengembangkan roket balistik pertama yang dikendalikan dengan sistem global positioning system (GPS).

"Targetnya 2015, tergantung pemerintah memberikan tabel tembak. Ini nanti bisa kendalikan GPS, di sirip-siripnya kita kendalikan. Nanti ada GPS segala macam dan ini generasi pertama," kata Direktur Perencanaan dan Pengembangan PT Pindad (Persero) Wahyu Utomo di Jakarta, Jumat (4/10/2013). "

Nantinya, roket tersebut diharapkan dapat mengurangi impor alat militer oleh TNI. Sebagai informasi, roket balistik tersebut pernah diuji coba di Baturaja, Sumatera Selatan, serta di Garut Selatan.

Namun, Wahyu mengatakan hal itu masih dalam tahap penyempurnaan sehingga bisa dikendalikan GPS. Tabel tembak baru bisa didapat jika sudah dites beberapa kali dan tembakannya akurat.

"Tabel tembak, kita harus nembakin berapa ratus kali dan sekian kali. Kalau itu akurat, baru dibuat tabel tembak. Nama roketnya RHan 122," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com