Kompas.com - 04/10/2013, 18:18 WIB
Otoritas Jasa Keuangan KONTANOtoritas Jasa Keuangan
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Otoritas Jasa Keuangan  segera merilis indeks literasi keuangan, yang berisi data literasi keuangan di setiap provinsi di Indonesia, dengan standar yang berbeda-beda.

"November, akan kami umumkan. Indeks tersebut mengatur literasi di beberapa provinsi, dengan klasifikasi jender dan umur serta pekerjaan," kata Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kusumaningtuti Sandriharmy Soetiono, di Jakarta, Jumat (4/10/2013).

Indeks tersebut akan menjadi acuan bagi pelaku usaha agar memahami karakteristik dari produk-produk jasa keuangan di setiap daerah, seperti produk asuransi, perbankan, dan reksadana.

"Ini bisa dijadikan acuan, untuk melihat apakah produk jasa keuangan sudah memasyarakat dengan baik. Mulai tahun ini, kami luncurkan sebagai bentuk pertanggungjawaban terhadap masyarakat," tuturnya.

Indeks literasi bakal dilengkapi indeks utility yang berisi kemampuan masyarakat dalam membeli produk jasa keuangan yang dimiliki masyarakat.

"Nantinya kami siapkan dalam per dua tiga tahun sekali agar kedua indeks ini bisa mengukur financial deepening di masyarakat," paparnya. (Arif Wicaksono)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.