Obama Tak Datang, APEC Tetap Jalan

Kompas.com - 04/10/2013, 21:22 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu. FRANSISKUS SIMBOLONMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu.
EditorBambang Priyo Jatmiko

NUSA DUA, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Barack Obama dipastikan tidak akan hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi Asia Pacific Economic Forum (KTT APEC) di Nusa Dua, Bali.

Namun, hal itu dinilai Mari Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai suatu hal yang biasa dan tidak akan mengganggu.

"Kami sangat mengerti mengapa Obama tidak jadi datang ke APEC kali ini. Sebab, Amerika saat ini menghadapi isu domestik yang cukup pelik," katanya kepada wartawan di Bali Nusa Dua Convention Centre, Jumat (4/10/2013).

Mari mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pun pernah mengalami hal yang sama pada saat KTT APEC 2010 di Yokohama, Jepang. "Sebab saat itu ada gempa di Padang, Sumatera Barat. Jadi sempat delayed. Hal itu tidak dapat diprediksi.

"Kita juga punya banyak agenda dan APEC akan tetap berjalan tanpa Obama," katanya. (Sanusi)

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X