Kompas.com - 08/10/2013, 13:36 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kalangan perbankan Indonesia mendesak para pemimpin negara anggota APEC untuk mendukung pertumbuhan perbankan maupun lembaga keuangan non-bank, termasuk venture capital dan lembaga penghimpun dana masyarakat lainnya.

Alternate Member APEC Business Advisory Council (ABAC) yang juga Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (BNI) Gatot M Suwondo menyatakan hal lain yang juga harus diperhatikan para pemimpin APEC adalah meningkatkan kerjasama antarbank, menetapkan standar tata kelola, serta kebijakan keuangan yang baik.

“Kami dari sektor perbankan memberikan usulan kepada Pemimpin APEC untuk meningkatkan peluang bagi UKM guna mendapatkan peluang dari pengembangan dan penerapan teknologi informasi melalui  penyederhanaan hukum dan peraturan,” kata Gatot, dalam siaran pers, Selasa (8/10/2013).

Menurut Gatot, keberadaan usaha kecil menengah (UKM) sangat diperlukan untuk menopang ketahanan ekonomi setiap negara dari krisis, sesuai dengan tema APEC CEO Summit Indonesia 2013 yaitu Towards Resilience and Growth: Reshaping Priorities for Global Economy.

ABAC mendesak seluruh negara APEC untuk lebih mendukung pengembangan UKM. Forum ini juga menghimbau agar para pemimpin APEC mengambil langkah lebih lanjut guna mengatasi ketahanan energi, yaitu dengan menciptakan lingkungan usaha yang memiliki pijakan hukum dan peraturan yang kondusif bagi perdagangan dan energi.

Diharapkan negara-negara APEC dapat membuat kebijakan yang mampu meningkatkan jiwa entrepreneurship dan kemunculan bisnis-bisnis baru serta kebijakan yang mendorong inovasi berbagai bisnis.

“Negara APEC juga harus mendorong penggunaan perangkat teknologi seperti internet untuk meningkatkan akses UKM ke pasar internasional,” imbuh Gatot.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.