Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertumbuhan Ekonomi RI Diperkirakan 5,6 Persen pada Kuartal III

Kompas.com - 08/10/2013, 16:58 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi hingga kuartal III-2013 sebesar 5,6 persen. Sepanjang 2013, BI juga memperkirakan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,5-5,9 persen.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, pencapaian itu akan sejalan dengan pelemahan ekonomi global yang masih berlanjut. Apalagi, kinerja perekonomian domestik juga menunjukkan kecenderungan perlambatan.

"Perekonomian domestik diperkirakan tumbuh 5,6 persen di kuartal III-2013 dan untuk 2013 masih berada pada kisaran 5,5-5,9 persen," kata Agus saat konferensi pers di Gedung BI Jakarta, Selasa (8/10/2013).

Sementara itu, kinerja ekonomi global yang masih melambat dan pergerakan harga komoditas yang masih cenderung menurun, mendorong masih terbatasnya kinerja ekspor.

Agus menambahkan, konsumsi rumah tangga dan investasi diperkirakan masih tertekan sebagai dampak dari menurunnya daya beli akibat tingginya tekanan harga pasca kenaikan harga BBM bersubsidi.

Sementara itu, kinerja perekonomian nasional diperkirakan akan membaik pada tahun 2014. Hal ini sejalan dengan perekonomian global dan harga komoditas yang diperkirakan membaik. "Secara keseluruhan, perekonomian Indonesia diperkirakan tumbuh lebih tinggi mencapai 5,8 - 6,2 persen," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com