Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Gagas Kemitraan Trilateral bersama AS

Kompas.com - 08/10/2013, 20:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia mengkaji kerja sama trilateral dengan pemerintah Amerika Serikat (AS) serta salah satu negara lain, yang hingga saat ini masih dikaji.

Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa menyatakan rencana kerja sama trilateral tersebut tengah dibicarakan dengan Menteri Luar Negeri AS John Kerry di Hotel Sofitel, Bali sore ini."Saat ini, kami sedang menyusun suatu kerangka kerja sama tiga negara," tutur Marty dalam siaran pers, Selasa (8/10/2013).

Selama ini, papar Marty, Indonesia telah memperkenalkan kerja sama trilateral ini di hadapan Perserikatan Bangsa-Bangsa, khususnya di bidang peningkatan kapasitas, pemerintahan, Hak Asasi Manusia (HAM), dan demokrasi dengan berbagai negara.

Lebih rinci, kerja sama trilateral ini tengah dirintis Indonesia dengan pemerintah Kanada, dan saat ini juga dengan pemerintah AS. Salah satu mitra ketiganya yang tengah dikaji adalah Myanmar.

Nantinya, kerja sama trilateral usulan Indonesia ini akan fokus pada kerja sama komprehensif atau kemitraan. Di dalamnya ada kerja sama bidang ekonomi, perdagangan dan investasi, serta people to people.

Dalam waktu dekat, pemerintah Indonesia dan AS akan membentuk komisi bersama tingkat Menlu untuk membahas semua permasalahan antara kedua negara dan rencananya pertemuan tersebut akan berlangsung di Bali. (Noverius Laoli)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com