Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMF Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global

Kompas.com - 08/10/2013, 21:00 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global. Lembaga itu juga memperingatkan bahwa proyeksi pertumbuhan akan semakin suram jika pemerintahan AS tak segera berjalan kembali.

IMF memperkirakan pertumbuhan ekonomi global pada tahun ini hanya di level 2,9 persen dan 3,6 persen pada 2014. Perkiraan itu lebih rendah dari yang dirilis sebelumnya, yang masing-masing 3,2 untuk tahun ini dan 3,8 persenpada tahun depan.

"Setelah 4 tahun resesi global berakhir, pertumbuhan ekonomi dunia berjalan lambat," tulis IMF sebagaimana dikutip AFP, Selasa (8/10/2013).

Negara-negara berkembang, khususnya Amerika Serikat menunjukkan perbaikan ekonomi, sedangkan negara-negara berkembang mulai kehilangan momentum pertumbuhan, kendati masih mencatat pertumbuhan di atas rata-rata perekonomian global.

"Pertumbuhan ekonomi global masih lemah, yang menandakan masih terjadi dinamika, sedangkan risiko telah mulai mereda," jelas IMF.

Adapun dua risiko yang masih membayangi perekonomian global adalah rencana bank sentral AS memangkas stimulus ekonominya serta perlambatan ekonomi CHina. Namun secara umum, IMF tidak memangkas proyeksi pertumbuhan negara-negara maju di level 1,2 persen pada 2013 dan 2 persen pada 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com