Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: "Branchless Banking" Terkendala Sinyal Telekomunikasi Lemah

Kompas.com - 09/10/2013, 12:59 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Direktur Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Yura A Djalins menyatakan lemahnya sinyal telekomunikasi menjadi salah satu kendala dalam uji coba branchless banking.

"Kendala di UPLSP (unit perantara layanan sistem pembayaran) aalah sinyal telekomunikasi yang lemah," kata Yura Rabu (9/10/2013).

Selain lemahnya sinyal telekomunikasi, Yura mengatakan nasabah branchless banking tak bisa langsung membuka rekening. Dibutuhkan waktu sekitar 1-4 hari kerja karena perlu memperoleh persetujuan dari pihak bank.

Lemahnya kesadaran masyarakat terhadap branchless banking juga disebut Yura menjadi salah satu kendala.

Hal ini menurutnya akibat kurangnya sosialisasi dan kampanye mengenai layanan branchless banking. Perbankan, lanjut Yura, juga menemui kendala dalam mengimplementasikan layanan branchless banking. "Tidak mudah mencari UPLSP yang sesuai dan dapat memenuhi kriteria."

BI melaksanakan uji coba atau branchless banking selama periode Mei hingga Agustus 2013. Selama periode tersebut, lima bank peserta uji coba telah merekrut 128 UPLSP. Transaksi teratas adalah setoran tunai, pembayaran tagihan, dan transfer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com