Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Transaksi BBM Subsidi dengan Kartu Sejalan dengan Program Bank Sentral

Kompas.com - 09/10/2013, 15:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Eksekutif Departemen Pengawasan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Rosmaya Hadi menyatakan rencana penggunaan kartu untuk transaksi BBM Subsidi sejalan dengan program BI untuk mengurangi transaksi dengan uang tunai (less cash society).

"Ini sejalan dengan program BI untuk less cash society," kata Rosmaya di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Rabu (9/10/2013).

Rosmaya menjelaskan, transaksi BBM Subsidi dengan menggunakan kartu mempermudah masyarakat agar tidak usah membawa uang tunaj untuk bertransaksi. Di samping itu, sistem ini akan membuat model pembayaran beralih dari uang tunai ke kartu.

"Masyarakat tidak usah menggondol-gondol uang lusuh. Maka pembayaran pun akan teralih menjadi menggunakan kartu," jelasnya.

Di samping bagi masyarakat, penggunaan kartu untuk transaksi BBM Subsidi menurut Rosmaya akan memberikan manfaat pula bagi BPH Migas. Ia mengatakan transaksi dengan kartu, maka BPH Migas akan memperoleh data yang diperlukan.

"Kepentingan dari BPH Migas juga akan tercapai. Misalnya (akan diperoleh) data jadi tahu berapakah sebetulnya yang menggunakan solar, berapa yang menggunakan premium. Jadi data seperti itu bisa direkam dengan baik," kata Rosmaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com