BI: Transaksi BBM Subsidi dengan Kartu Sejalan dengan Program Bank Sentral

Kompas.com - 09/10/2013, 15:18 WIB
Ilustrasi SPBU TRIBUNNEWS/HERUDINIlustrasi SPBU
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Eksekutif Departemen Pengawasan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Rosmaya Hadi menyatakan rencana penggunaan kartu untuk transaksi BBM Subsidi sejalan dengan program BI untuk mengurangi transaksi dengan uang tunai (less cash society).

"Ini sejalan dengan program BI untuk less cash society," kata Rosmaya di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Rabu (9/10/2013).

Rosmaya menjelaskan, transaksi BBM Subsidi dengan menggunakan kartu mempermudah masyarakat agar tidak usah membawa uang tunaj untuk bertransaksi. Di samping itu, sistem ini akan membuat model pembayaran beralih dari uang tunai ke kartu.

"Masyarakat tidak usah menggondol-gondol uang lusuh. Maka pembayaran pun akan teralih menjadi menggunakan kartu," jelasnya.

Di samping bagi masyarakat, penggunaan kartu untuk transaksi BBM Subsidi menurut Rosmaya akan memberikan manfaat pula bagi BPH Migas. Ia mengatakan transaksi dengan kartu, maka BPH Migas akan memperoleh data yang diperlukan.

"Kepentingan dari BPH Migas juga akan tercapai. Misalnya (akan diperoleh) data jadi tahu berapakah sebetulnya yang menggunakan solar, berapa yang menggunakan premium. Jadi data seperti itu bisa direkam dengan baik," kata Rosmaya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X