Kompas.com - 10/10/2013, 11:12 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

ZURICH, KOMPAS.com
 — Lembaga keuangan asal Swiss, Credit Suisse, merilis laporan kekayaan yang mengungkapkan bahwa hanya segelintir orang yang menguasai lebih separuh kekayaan dunia.

Kelompok yang menduduki posisi teratas piramida kekayaan adalah mereka yang memiliki harta di atas 1 juta dollar AS atau di atas Rp 11 miliar per orang. Dalam laporan yang dirilis pada Rabu (9/10/2013) disebutkan, kelompok ini hanya ditempati oleh 0,7 persen dari total populasi manusia di dunia. Total kekayaan yang dimiliki kelompok pertama ini mencapai 98,7 triliun dollar AS atau 41 persen dari seluruh kekayaan penduduk dunia.

Posisi kedua ditempati oleh kelompok yang memiliki harta antara 100.000 dollar AS-1 juta dollar AS. Jumlah itu setara dengan Rp 1,1 miliar hingga Rp 11 miliar per orang. Jumlah populasi yang berada di kelompok kedua ini mencapai 7,7 persen dari keseluruhan penduduk dunia.

Jika digabungkan antara kelompok pertama dan kedua, bisa diketahui bahwa 83,3 persen kekayaan dunia hanya berada di tangan 8,4 persen orang-orang ini. Jumlah itu setara dengan 200,5 triliun dollar AS hanya terkonsentrasi kepada kelompok orang ini.

Kelompok ketiga ditempati oleh populasi kelas menengah, di mana jumlah di seluruh dunia mencapai 1,06 miliar orang. Total kekayaan kelompok ketiga ini mencapai 33 triliun dollar AS, atau rata-rata per orang memiliki kekayaan 10.000 dollar AS-100.000 dollar AS atau antara Rp 110 juta hingga Rp 1,1 miliar.

Adapun kelompok keempat atau yang berada paling bawah piramida kekayaan ditempati oleh sebagian besar penduduk dunia, yaitu 68,7 persen atau setara 3,2 miliar orang. Pendapatan orang yang berada di posisi bawah ini berada di bawah 10.000 dollar AS per orang atau kurang dari Rp 110 juta.

Nah, Anda masuk di kelompok mana...?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.