Produksi PT Industri Gula Nusantara Naik

Kompas.com - 10/10/2013, 15:32 WIB
Ilustrasi kontanIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena

KENDAL,KOMPAS.Com - Produksi  gula putih yang dihasilkan oleh PT Industri Gula Nusantara (IGN) Cepiring Kendal Jawa Tengah, naik kalau dibandingkan tahun lalu. Kenaikan produksi ini, dikarenakan kenaikan stok tebu dari petani.

Hal itu dikatakan oleh Direktur Operasional PT. IGN, Edy Supriyanto, Kamis (10/10/2013). Edy menjelaskan, target produksi gula tahun 2013 mencapai 163.000 ton. Sementara pada tahun lalu hanya 141.000 ton. Sedang stok tebu hingga saat ini, sudah ada 174.000 ton. Tahun 2012 lalu hanya 139.000 ton. Tebu tersebut berasal dari wilayah Kabupaten Kendal, Kabupaten Semarang, Kabupaten Batang dan sekitarnya.

“Semuanya meningkat. Baik produksi maupun tebunya. Tapi harga gula saat ini turun. Dari 10.000 rupiah perkilo menjadi 9.300 rupiah perkilonya,” kata Edy.

Meskipun stok tebu sebagai bahan dasar gula naik, namun penggunaan raw sugar di PT. IGN juga naik, menjadi 110.000 ton. “Penggunaan raw sugar di PT. IGN tahun ini memang naik kalau dibandingkan tahun kemarin. Tapi berapa persen kenaikannya, saya tidak tahu,” akunya.

Meski demikian, Edy mengemukakan, secara nasional Indonesia masih kekurangan gula. Sehingga masih membutuhkan impor gula.

Sementara itu, secara terpisah, wakil bupati Kendal, Mustamsikin, menyatakan kalau kenaikan produksi gula di PT. IGN ini adalah hal yang positif. Diharap dengan kenaikan ini, bisa memakmurkan karyawan dan masyarakat Kendal.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X