Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangkau Masyarakat "Unbanked", Telkom Gandeng Wirausahawan Muda

Kompas.com - 10/10/2013, 20:07 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) bekerja sama dengan Jaringan Nusantara Pemuda Penggerak Wirausaha Desa (PPWD) dalam Layanan Transaksi Elektronik Keuangan.

"Kita menggandeng Jaringan Nasional Pemuda Penggerak Wirausaha Desa, yang notabene adalah para wirausahawan muda dan tersebar di seluruh Indonesia. Ini akan menjadi kerjasama bisnis yang saling menguntungkan," kata Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaludin di Jakarta, Kamis (10/10/2013).

Telkom dan PPWD hingga Desember 2013 akan membentuk 1.000 agen Delima di seluruh Indonesia. Delima atau Delivery Money Access adalah layanan pengiriman uang dari Telkom. Layanan ini tidak hanya dalam bentuk remittance, namun memiliki berbagai fitur pembayaran atau payment point online bank (PPOB).

Kerjasama Telkom dan PPWD ini diwujudkan dalam program Kios Uang. Program ini diharapkan menjadi solusi transaksi keuangan rakyat, baik dalam bentuk kirim-terima uang maupun pembayaran jasa lainnya tanpa melalui rekening bank. "Telkom optimis dalam tiga bulan pertama akan terbentuk 1.000 agen atau titik layanan Kios Uang Delima," jelas Awal.

Awal mengaku perseroan menargetkan 40.000 EDFA (electronic delivery financial agent) atau Agen Delima hingga akhir tahun ini. "Saat ini sudah ada 38.000 EDFA. Dengan penambahan 1.000 lagi, mudah-mudahan 40.000 terlampaui," kata Awal.

Awal mengatakan, pasar keuangan mikro sangatlah besar. Ia memandang masyarakat unbanked punya hak yang sama. "Pergerakan ekonomi rakyat di bawah itu sebenarnya sangat besar dan luar biasa. Dia mungkin nggak pernah transaksi perbankan tapi perputaran uang itu luar biasa. Kios uang jadi akses trasaksi keuangan dimanapun dan bagi siapapun," kata Awal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com