Kompas.com - 11/10/2013, 06:50 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan diproyeksikan naik pada perdagangan akhir pekan ini, Jumat (11/10/2013). Sentimen positif dari Amerika Serikat akan beradu kuat dengan potensi ambil untung dan tipisnya transaksi menjelang Hari Raya Idul Adha.

Indeks Dow Jones Industrial Average, S&P500 maupun Indeks Komposit Nasdaq sama-sama naik 2,2 persen, karena terdorong optimisme akan segera ada titik temu soal anggaran dan plafon utang Amerika. Saham-saham naik di tengah kenaikan angka pengangguran sementara akibat shutdown di negeri itu.

Di dalam negeri, Kamis (10/10/2013), IHSG ditutup naik 29,24 poin (0,66 persen) ke level 4.486,68 dengan jumlah transaksi sebanyak 10,1 juta lot atau setara dengan Rp 6,1 triliun. Investor asing tercatat melakukan pembelian bersih di pasar reguler sebesar Rp 272 miliar dengan saham yang paling banyak dibeli antara lain BBRI, UNTR, SMGR, BBNI dan TLKM. Mata uang rupiah terapresiasi ke Rp 11.148 per dollar AS.

IHSG ditutup menguat didorong oleh mulai optimisnya investor akan terjadinya kesepakatan untuk meningkatkan pagu utang Amerika. Sebelumnya sentimen global juga membaik ketika Presiden Barack Obama mengusulkan Janet Yellen sebagai kandidat pengganti Gubernur The Fed Ben Bernanke.

Pasar terlihat menyukai Yellen, karena perempuan ini diketahui mendukung kebijakan stimulus serta penggunaan target inflasi dan pengangguran oleh The Fed. Hal tersebut, menurut riset Panin Sekuritas, juga membuat emerging market kembali positif kemarin, karena diperkirakan akan memberi waktu lebih untuk emerging market bersiap diri dalam menghadapi tapering alias pengurangan stimulus.

Hari ini diperkirakan transaksi indeks akan relatif sepi menjelang libur panjang Idul Adha. IHSG diproyeksikan akan bergerak variatif dengan kecenderungan melemah pada kisaran support-resistance 4.425-4.510.

Sedangkan secara teknikal, menurut riset KDB Daewoo Securities, kenaikan IHSG kemarin disertai dengan peningkatan volume dan indikator MACD menghasilkan sinyal golden cross, dengan stochastic yang berada pada area overbought.

Hari ini diperkirakan IHSG akan bergerak variatif dengan support  4.420 dan resistance 4.520. Adapun saham-saham yang dapat diperhatikan adalah ASII, BBCA dan MPMX.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.