Hatta: Korsel Naikkan Komitmen Kerja Sama Perdagangan

Kompas.com - 11/10/2013, 15:36 WIB
Menko Perekonomian Hatta Rajasa KOMPAS/HERU SRI KUMOROMenko Perekonomian Hatta Rajasa
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Korea Selatan dipastikan meningkatkan komitmen kerja sama perdagangan dan investasi di Indonesia. Hal itu terungkap melalui kunjungan kenegaraan Presiden Korea Selatan Park Geun-hye di Jakarta.

“Sebagai pintu gerbang ASEAN, kami optimistis kerja sama investasi dari Korea akan berlanjut,” ungkap Hatta Rajasa, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Jumat (11/10/2013).

Kerja sama tersebut meliputi sektor-sektor strategis berupa energi, infrastruktur, pertanian, pertahanan, dan industri kreatif.

Ia menyoroti peningkatan arus investasi dan teknologi dari Korea Selatan pada beberapa tahun terakhir ini. Hal ini termasuk pendirian pabrik ban oleh Hankook, integrasi industri baja oleh Krakatau Steel-POSCO, dan rencana investasi oleh Lotte Chemical.

"Dengan kerja sama ini maka ada dua nilai keuntungan yang mampu didapatkan Indonesia jika Korea Selatan melakukan investasi dalam proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia (MP3I)," katanya.

Sebagai informasi, investasi Korea di Indonesia terus membaik sejak 2008 meskipun terdapat tantangan ekonomi global.

Perdagangan antara Indonesia dan Korea mengalami peningkatan lebih dari 20 persen sepanjang lima tahun terakhir. Ekspor Indonesia ke Korea pada semester I 2013 ini saja sudah menyentuh angka 5,8 juta dollar AS.

Menindaklanjuti 40 tahun kerja sama diplomatik Indonesia-Korea Selatan, pertemuan pada Jumat ini akan menjadi momentum bagi kedua negara untuk menetapkan target perdagangan sebesar 50 juta dollar AS pada 2015 dan 200 juta dollar AS pada 2020 mendatang. (Arif Wicaksono)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X