Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/10/2013, 13:02 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Meningkatnya golongan masyarakat kelas menengah membuat industri asuransi menggeliat. Ini karena kesadaran mereka akan risiko di masa mendatang.

"Menurut saya justru itu (pertumbuhan kelas menengah) salah satu penyebab yang saya akan katakan pertumbuhan asuransi akan lebih baik lagi ke depan," kata Chief Distribution Officer PT Sun Life Financial Indonesia Elin Waty di Jakarta.

Elin menyatakan, saat ini pertumbuhan masyarakat kelas menengah di Tanah Air saat ini sangat pesat. Mereka, lanjutnya, memiliki kesadaran yang tinggi akan asuransi. "Kelas menengah ini awareness mereka terhadap asuransi lebih besar. Mereka lebih tahu asuransi itu dibutuhkan," ujar Elin.

Pertumbuhan industri asuransi Indonesia, kata Elin, saat ini sangat positif. Namun sayangnya masyarakat Indonesia yang telah memiliki produk asuransi masih sangat sedikit. "Potensi pasar Indonesia kan besar sekali. Tapi saat ini masyarakat Indonesja yang sudah berasuransi baru 11 persen. Negara tetangga kita Malaysia saja sekitar 20 persen," katanya.

Elin memandang pertumbuhan masyarakat kelas menengah di Indonesia memberi angin positif bagi industri asuransi, khususnya asuransi jiwa. "Saya melihat lebih positif ke depan bahwa pertumbuhan ini (golongan masyarakat kelas menengah) akan membuat pertumbuhan asuransi akan lebih baik lagi ke depannya," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com