Tiga Wakil Menteri Pesan Sepatu Rp 1,7 Jutaan

Kompas.com - 16/10/2013, 12:58 WIB
Wakil Menteri Pertanian RUsman Heriawan (kiri), Wakil Menteri Perindustrian, Alex S Restraumbun (kedua kiri) dan Wamendag Bayu Krishnamurti (paling kanan) usai memesan sepatu di Trade Expo Indonesia, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (16/10/2013). Estu Suryowati/Kompas.comWakil Menteri Pertanian RUsman Heriawan (kiri), Wakil Menteri Perindustrian, Alex S Restraumbun (kedua kiri) dan Wamendag Bayu Krishnamurti (paling kanan) usai memesan sepatu di Trade Expo Indonesia, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (16/10/2013).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Tiga Wakil Menteri (Wamen), yakni Wamen Perdagangan Bayu Krishnamurti, Wamen Perindustrian Alex S Restraumbun, serta Wamen Pertanian Rusman Heriawan, memesan sepatu pantofel asli buatan perajin lokal seharga Rp 1,75 juta.

Saat mengelilingi stan pameran di Trade Expo Indonesia (TEI) ke-28, Bayu berhenti di stan E Three Handmade Shoe. Rupanya, Bayu tertarik dengan sepatu-sepatu buatan Elly S, perajin mitra Perusahaan Gas Negara (PGN) itu.

"Seragam saja, seperti ini desainnya, tapi saya depannya ada motifnya seperti ini," kata Bayu, sembari menunjukkan sepatu yang dipesannya kepada wartawan, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (16/10/2013).

Saat "ditembak" oleh wartawan bahwa Bayu-lah yang akan membayar sepatu-sepatu itu, ia pun mengiyakan. "Iyalah saya yang bayarin," kata Bayu disambut ucapan terima kasih dari Rusman juga Alex.

Pemilik E Three, Elly, kepada Kompas.com membenarkan bahwa ketiga wakil menteri tersebut memesan sepatu di bengkelnya.

Elly adalah salah satu mitra binaan PGN di industri kerajinan. Sudah 6 tahun ia menjadi mitra binaan BUMN penyalur gas itu. Menurutnya, konsep E Three didasari bentuk anatomi kaki yang berbeda-beda sehingga ia pun menawarkan pembuatan alas kaki secara handmade.

Untuk pengerjaan order, itu biasanya diselesaikan dalam tempo 1 minggu dan paling lama 10 hari. Namun, kata Dian PS (29), ketiga pembeli istimewa tadi mendapat keistimewaan lebih cepat.

"Sepatu bapak-bapak Wamen tadi kita kerjakan kurang dari seminggulah. Paling lima hari," kata Dian.

Asal tahu saja, produk E Three sudah diekspor sampai mancanegara, terutama di negara-negara ASEAN. Elly menambahkan, sepanjang 2012 lalu, pesanan dari negara ASEAN mencapai 300 pasang.

"Kalau buyers luar itu mereka detail sekali. Masalah jahitan, bahan, dan lainnya. Kalau harga, mereka enggak masalah," kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X