Pertamina Ambil Alih SPBU Petronas di Medan

Kompas.com - 18/10/2013, 10:54 WIB
SPBU Pertamina yang sebelumnya dimiliki Petronas di Bandung KOMPAS.com/Zico Nurrashid PriharsenoSPBU Pertamina yang sebelumnya dimiliki Petronas di Bandung
EditorErlangga Djumena


MEDAN, KOMPAS.com 
- Pertamina Region I Sumbagut resmi mengambil alih Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) bekas Petronasdi Jalan Imam Bonjol Polonia Medan. Berarti secara nasional,  sudah sembilan unit SPBU eks Petronas diakuisisi Pertamina, dengan lima SPBU yang telah beroperasi.

SPBU eks Petronas ini dilabeli SPBU Company Own Company Operated (COCO) yang resmi dioperasikan sendiri oleh PT Pertamina Retail dengan dilengkapi fasilitas antara lain restoran cepat saji, toilet dan minimarket Bright.

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan akan bahan bakar berkualitas, juga dihadirkan produk-produk BBM non Subsidi seperti Pertamax, Pertamax Plus, dan Pertama Dex.

"Peresmian SPBU baru ini demi meningkatkan pelayanan kebutuhan masyarakat Medan terhadap BBM. Kita lakukan akuisisi dan menjadi bukti bahwa Pertamina mampu mempertahankan pangsa pasar khususnya di sektor bisnis retail di tanah air," kata Vice President Pertamina Retail Fuel Marketing Muhammad Iskandar, Kamis (17/10/2013)

Ia optimistis pertambahan SPBU COCO milik Pertamina akan terus bertambah ke depannya, dan ditempatkan di titik-titik yang strategis.

Ekspansi ini, katanya, menyusul target perusahaan pelat merah ini ke depannya sebagai perusahaan kelas dunia. Apalagi ia yakin SPBU di Indonesia tidak kalah kualitasnya dengan beberapa negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Iskandar mengatakan,  tahun ini pihaknya memang menargetkan pembangunan SPBU COCO berbasis pada akuisisi dari SPBU eks Petronas.

"Kita menargetkan pembangunan SPBU milik sendiri atau COCO dalam satu tahun ada 12 unit. Tahun ini sudah ada penambahan 9 SPBU eks Petronas dan 6 SPBU bangun sendiri yang dimiliki Pertamina. Artinya ini melebih target. Tapi kalau memang ada tanah dijual dan sesuai ya bisa kita beli untuk bangun SPBU," katanya.

Ia mengatakan, Pertamina kini telah memiliki SPBU COCO sebanyak 97 unit di seluruh Indonesia. (ers)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X