Perusahaan China Bangun Pengolahan Minyak Sawit di Indonesia

Kompas.com - 18/10/2013, 13:18 WIB
Kelapa sawit ShutterstockKelapa sawit
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com
- Perusahaan makanan asal China, China National Food Industry Corp (CFC) menggandeng Induk Koperasi Unit Desa (Inkud) untuk membangun pabrik mini pengolah minyak goreng di desa-desa penghasil kelapa sawit.

Memorandum of Understanding pembangunan pabrik mini pengolah minyak goreng itu ditandatangani oleh Ketua Inkud Herman YL Wutun dan Presiden DCFC, Cai Yongfeng, dilakukan di KBRI Beijing, Kamis (17/10/2013), disaksikan oleh Duta Besar RI untuk RRT dan Mongolia Imron Cotan.

Untuk tahap pertama, pabrik mini tersebut akan dibangun di Jambi, yang direncanakan dapat mengolah 30-40 ton tandan sawit segar per hari yang didapatkan dari petani sawit skala kecil.

Dengan pembangunan pabrik mini, diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan petani sawit secara langsung dan memberikan nilai tambah yang signifkan terhadap penghasilan mereka.

Imron Cotan menyambut baik penandatanganan MoU yang merupakan implementasi nyata dari peningkatan kerjasama antara RI-RRT itu.

“Kerjasama antara INKUD dan CFC yang berorientasi langsung pada kesejahteraan rakyat kecil ini akan membantu memperkuat terciptanya kembali jalur sutra modern RI-RRT,” kata Imron seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet di Jakarta, Jumat (18/10/2013).Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.