SMI Biayai PLTG Batam 48 Juta Dollar AS

Kompas.com - 19/10/2013, 13:28 WIB
Ilustrasi PLTG KOMPAS/YUNIADHI AGUNGIlustrasi PLTG
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dan PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) memberikan fasilitas pembiayaan kepada PT Energi Listrik Batam (ELB), anak perusahaan PT Medco Power Indonesia sebesar 48 juta dollar AS.

Pemberian fasilitas tersebut untuk pembangunan dan konstruksi proyek pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) Tanjung Uncang Batam, Kepulauan Riau.

Direktur Pembiayaan dan Investasi PT SMI Nasrizal Nazir mengatakan, proyek yang diperkirakan selesai dibangun pada bulan Desember 2014 ini akan mampu menghasilkan pasokan listrik sebesar 2X35 MW bagi masyarakat dan industri di pulau Batam dan sekitarnya.

“Dengan kebutuhan listrik yang terus meningkat rata-rata 9,3 persen per tahun, pembiayaan pembangunan PLTG ini sedikit banyak turut memberikan kontribusi bagi tambahan pasokan listrik Indonesia, khususnya di pulau Batam dan sekitarnya," kata Nasrizal dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu (19/10/2013).

Pemberian fasilitas ini juga menunjukkan dukungan dari PT SMI dan PT IIF kepada PT ELB sebagai Project Sponsor demi pengembangan tenaga kelistrikan di pulau Batam dan sekitarnya.

Presiden Direktur IIF Kartika Wirdjoatmodjo mengatakan, pihaknya akan mendukung Project Sponsor yang memiliki reputasi baik serta komitmen tinggi dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.

"Dukungan ini diharapkan dapat memberikan sinyal positif bagi para project sponsor untuk terus meningkatkan peran sertanya dalam pengembangan proyek – proyek infrastruktur di Indonesia," tambah Kartika.

Pencapaian financial close atas proyek ini merupakan salah satu bentuk komitmen nyata dari PT SMI dan PT IIF dalam mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia, sekaligus merepresentasikan sinergi yang baik antara PT SMI dan PT IIF dalam meningkatkan kapasitas pembiayaan bagi proyek-proyek infrastruktur di Indonesia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X