Kompas.com - 21/10/2013, 07:26 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com - Pelemahan mata uang dollar AS atas mata uang global menjadi pendorong penguatan rupiah. Awal pekan ini, Senin (21/10/2013) daya dorong diproyeksikan masih menaungi pasar di tengah potensi ambil untung investor.

Keraguan atas prospek perekonomian Amerika Serikat pascapemulihan aktivitas Pemerintahan AS dan kenaikan pagu utang mengakibatkan turunnya nilai tukar dollar AS di pasar keuangan global. Dollar AS turun hingga ke posisi terendah sejak Februari 2013, pada akhir pekan lalu.

Sepanjang pekan lalu dollar AS merosot 1 persen atas mata uang euro atau sekitar 3,8 persen atas euro sejak tiga bulan terakhir. Dollar AS juga tumbang sekitar 0,9 persen atas yen pekan lalu atau sekitar 0,8 persen dalam tiga bulan terakhir.

Posisi dollar AS pun melemah atas rupiah. Di pasar spot, Jumat (18/10/2013) rupiah menguat cukup tajam sebesar 221 poin atau sekitar 1,99 persen ke Rp 10.904 per dollar AS. Kurs tengah BI mencatat penguatan rupiah menjadi Rp 11.308 per dollar AS dibanding sehari sebelumnya di level Rp 11.351 per dollar AS. Meskipun, rupiah sepanjang tahun ini masih melemah sekitar 13,2 persen.

Riset Trust Securities melihat sentimen dari Asia cukup positif di mana terjadi peningkatan nilai investasi surat-surat berharga di Jepang dan kenaikan pendapatan domestik bruto (PDB) China dari periode sebelumnya.

Rupiah kembali berhasil melampaui target resisten Rp 11.318 per dollar AS. Di awal pekan ini rupiah diproyeksikan bergerak di rentang Rp 11.327-11.285 per dollar AS dalam kurs tengah BI.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.