Kompas.com - 21/10/2013, 16:51 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi VI DPR RI menyetujui pagu anggaran untuk Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) tahun anggaran 2014 sebesar Rp 94,9 miliar.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Aria Bima, dalam rapat kerja anggaran kementerian lembaga, di Jakarta, Senin siang (21/10/2013).

Ditemui usai rapat, Ketua Umum KPPU, Munrokhim Misanam, mengatakan anggaran tersebut turun sebesar 23 persen dibanding anggaran tahun berjalan, 2013. "Semua institusi turun sebagai akibat pengurangan subsidi BBM. Tapi mudah-mudahan tidak berdampak pada kinerja kita," ujar Munrokhim.

Ia menjelaskan, anggaran tersebut akan dialokasikan untuk operasional KPPU, penanganan perkara, penyelidikan, serta monitoring. Salah satu penyelidikan dan penanganan perkara yang tengah digelar KPPU saat ini adalah soal dugaan kartel bawang putih.

Sayangnya, ketika ditanya sejauh mana proses sidang dugaan kartel, Munrokhim enggan menjelaskan. Pasalnya, menurutnya hal itu merupakan kewenangan majelis untuk mengikuti jalannya persidangan, melakukan pemeriksan, bahkan memberikan keterangan pers.

Namun demikian, ia berharap sidang dugaan kartel bawang putih segera menemukan titik terang. "Harus rampung. Dari sisi proses sangat ketat dari awal sampai naik perkara. Jadi, harus terus berlangsung, sampai persidangan selesai, ada putusan bersalah tidak bersalah. Harapannya investigasi ini naik jadi perkara," ucap Munrokhim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.