Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayo Cek Stasiun yang Dilewati KA Bogor-Sukabumi!

Kompas.com - 22/10/2013, 16:32 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Kereta api (KA) jurusan Bogor-Sukabumi siap dijalankan kembali, setelah operasionalnya sempat terhenti pada 15 Desember 2012. Perwakilan Humas PT Kereta Api Indonesia Daop I Sukendar Mulya mengatakan, pengoperasian kembali KA Bogor-Sukabumi itu bertujuan mengakomodasi masyarakat di wilayah Jabodetabek yang ingin bepergian ke arah Sukabumi.

"Juga untuk menghindari antrean kendaraan tujuan Jakarta-Bogor-Sukabumi yang biasanya padat alias macet," kata Sukendar dalam keterangan tertulisnya, Selasa (22/10/2013).

Ia mengatakan, selama tiga pekan ke depan, PT KAI Daop I bakal melakukan cek lintas. Cek lintas berarti kajian teknis operasional dan segala sesuatu yang berhubungan dengan kelaikan jalan rel KA.

Cek lintas yang dilakukan antara lain pengecekan secara berulang terhadap jalan rel, bantalan, fasilitas stasiun, jembatan, drainase, tubuh ban, pintu perlintasan, dan sebagainya.

Sebagai informasi, jalur KA lintas Bogor sebelumnya dilayani oleh KRD Bumi Geulis. Namun, karena adanya hambatan, pengoperasian kereta tersebut terpaksa dihentikan.

Adapun perjalanan Bogor-Sukabumi akan melewati sembilan stasiun dan tiga pemberhentian. KA akan melewati Stasiun Bogor, Batutulis, Maseng, Cigombong, Cicurug, Parungkuda, Cibadak, Karang Tengah, Cisaat, dan Stasiun Sukabumi.

Sementara itu, tiga pemberhentian atau halte untuk naik-turun penumpang adalah Ciomas, Cijambe, dan Pondok Leungsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com