Hatta: Anggaran Perjalanan PNS Harusnya Dipangkas 50 Persen

Kompas.com - 22/10/2013, 16:57 WIB
Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa KOMPAS.COM/Sandro GatraMenteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, kementerian atau lembaga harus memangkas anggaran perjalanan dinas sebanyak mungkin. Hal ini demi penghematan anggaran belanja negara.

"Jangan kurang dari 30 persen, jangan kurang dari itu. Kalau misalnya bisa 50 persen, bagus," kata Hatta saat ditemui di Badan Anggaran DPR Jakarta, Selasa (22/10/2013).

Ia menambahkan, anggaran perjalanan dinas pada kementerian atau lembaga ini memang besar. Namun Hatta ingin agar kementerian atau lembaga itu bisa memangkas anggaran perjalanan dinas yang tidak perlu, misalnya seperti seminar, konferensi luar negeri hingga studi banding yang tidak perlu dan tidak mendesak. "Kecuali yang berkaitan dengan ASEAN atau APEC," tambahnya.

Saat ini memang kementerian atau lembaga cenderung menaikkan anggaran perjalanan dinas. Namun Hatta ingin kementerian atau lembaga bisa melakukan penghematan anggaran.

Salah satu cara untuk menghemat perjalanan dinas adalah larangan bagi menteri atau pejabat pemerintah untuk menggunakan penerbangan kelas satu (first class) dalam perjalanan dinasnya baik domestik maupun internasional.

"Memang itu sudah kita putuskan di rapat koordinasi, kemudian di dalam rapat kabinet kita laporkan. Memang tidak boleh first class, (maksimal) business class dan penghematan harus nyata," jelasnya.

Sekadar catatan, anggaran perjalanan dinas seluruh kementerian atau lembaga mengalami kenaikan Rp 8 triliun menjadi Rp 32 triliun di tahun depan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X