Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta: Anggaran Perjalanan PNS Harusnya Dipangkas 50 Persen

Kompas.com - 22/10/2013, 16:57 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, kementerian atau lembaga harus memangkas anggaran perjalanan dinas sebanyak mungkin. Hal ini demi penghematan anggaran belanja negara.

"Jangan kurang dari 30 persen, jangan kurang dari itu. Kalau misalnya bisa 50 persen, bagus," kata Hatta saat ditemui di Badan Anggaran DPR Jakarta, Selasa (22/10/2013).

Ia menambahkan, anggaran perjalanan dinas pada kementerian atau lembaga ini memang besar. Namun Hatta ingin agar kementerian atau lembaga itu bisa memangkas anggaran perjalanan dinas yang tidak perlu, misalnya seperti seminar, konferensi luar negeri hingga studi banding yang tidak perlu dan tidak mendesak. "Kecuali yang berkaitan dengan ASEAN atau APEC," tambahnya.

Saat ini memang kementerian atau lembaga cenderung menaikkan anggaran perjalanan dinas. Namun Hatta ingin kementerian atau lembaga bisa melakukan penghematan anggaran.

Salah satu cara untuk menghemat perjalanan dinas adalah larangan bagi menteri atau pejabat pemerintah untuk menggunakan penerbangan kelas satu (first class) dalam perjalanan dinasnya baik domestik maupun internasional.

"Memang itu sudah kita putuskan di rapat koordinasi, kemudian di dalam rapat kabinet kita laporkan. Memang tidak boleh first class, (maksimal) business class dan penghematan harus nyata," jelasnya.

Sekadar catatan, anggaran perjalanan dinas seluruh kementerian atau lembaga mengalami kenaikan Rp 8 triliun menjadi Rp 32 triliun di tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com