Kompas.com - 23/10/2013, 13:07 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com
- PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) mencatat telah menjamin sekitar 250-300 ekor sapi dari masyarakat peternak di daerah Sleman Yogyakarta.

Direktur Operasi Ritel PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) Sanata L.Tobing menjelaskan perseroan akan terus mengembangkan jenis asuransi ini. Adapun jumlah premi yang berhasil dikumpulkan dari penjaminan sapi baru mencapai Rp 50 juta.

"Dari 250 esko sapi yang kami jamin, premi mencapai Rp 50 juta. Ini sebenarnya baru Jasindo nya aja. Kita akan bergerak terus dari segi struktur organisasi dan akan siapkan berbagai rencana kerja," ujar Tobing di sela-sela peluncuran Asuransi Ternak Sapi (ATS) di gedung Bank Indonesia, di Jakarta, Rabu (23/10/2013).

Perseroan dalam waktu dekat ini juga akan menjalankan uji coba premi baru, usai mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sementara tahap perencanaan premi dan perumusannya sendiri sudah berjalan selama 1,5 tahun ini.

Sebagaimana diketahui Kementerian Pertanian, Bank Indonesia, dan pihak terkait mengembangkan asuransi ternak sapi dengan melibatkan konsorsium perusahaan asuransi yang dipimpin Jasindo.

Perusahaan asuransi yang tergabung dalam konsorsium itu yakni PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967, PT Asuransi Tri Pakarta, serta PT Asuransi Raya. Asuransi ternak sapi bertujuan untuk membantu petani meningkatkan produksi ternak sapi, serta membantu perbankan mengurangi resiko kredit macet di subsektor peternakan.

Adapun besaran premi yang dibayar secara swadaya oleh petani yakni, untuk sapi potong sebesar Rp 200.000 per ekor per tahun dari harga pertanggungan induk Rp 10 juta per ekor. Sedangkan, untuk sapi perah sebesar Rp 300.000 per ekor per tahun dari harga pertanggungan induk Rp 15 juta per ekor.

Meski bertujuan membantu perbankan mengurangi kredit macet di subsektor peternakan, Tobing menegaskan, yang ditanggung dalam premi tersebut adalah ternak sapinya, bukan keseluruhan kredit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.