Garuda dan Standard Chartered Rampungkan Pembelian B737-800 NG

Kompas.com - 23/10/2013, 18:58 WIB
Pesawat Garuda Indonesia B737-800 NG KOMPAS/AGUS SUSANTOPesawat Garuda Indonesia B737-800 NG
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) dan Standard Chartered Bank telah menyelesaikan pengiriman enam pesawat Boeing 737-800 Next Generation (NG) yang tercantum dalam perjanjian penjualan dan penyewaan kembali.

Pengiriman pesawat ini merupakan perjanjian yang kedua kali antara Standard Chartered dan Garuda Indonesia, yang diawali dengan kesuksesan transaksi untuk empat pesawat Boeing 737-800 NG pada Februari 2011.

Emirsyah Satar, Direktur Utama Garuda Indonesia, mengatakan perjanjian ini adalah tonggak penting bagi program transformasi Garuda Indonesia. "Program Garuda Quantum Leap 2011 sampai 2015 terutama dalam program pengembangan armada yang berkelanjutan," ujar Emirsyah dalam keterangan tertulisnya, Rabu (23/10/2013).

Selama 2 tahun terakhir, Standard Chartered telah memberikan Garuda Indonesia dengan serangkaian produk dan layanan termasuk fasilitas SLB tambahan, penasehat keuangan, pinjaman berjangka, fasilitas perdagangan serta manajemen risiko.

Secara keseluruhan, sebanyak enam pesawat di bawah pengaturan SLB kedua disewakan kepada Garuda Indonesia oleh Pembroke Lease France SAS, yang merupakan anak perusahaan Standard Chartered. Fasilitas pembiayaan untuk pesawat telah diatur, ditanggung dan dibiayai secara eksklusif oleh Standard Chartered.

Pembelian dan sewa jangka panjang selama 10 tahun itu terstruktur untuk kemudahan Garuda Indonesia dalam perencanaan armada bersama-sama dengan strategi penyewaan perusahaan. Ini merupakan bagian dari program pembaruan armada maskapai yang terdiri dari total 25 pesawat B737-800.

Pengiriman pesawat B737-800NG ini sejalan dengan upaya Garuda Indonesia untuk memperluas dan memperkuat jaringan penerbangan di pasar domestik dan regional.

"Sementara pada saat yang sama meningkatkan layanan kepada pelanggan tawaran pengalaman perjalanan yang lebih nyaman dengan armada modern kami,” ungkap Emir. ( Adiatmaputra Fajar Pratama)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.