BI Jabar: Penarikan Uang di Jawa Barat Capai Rp 26 Triliun

Kompas.com - 23/10/2013, 20:32 WIB
Ilustrasi KONTAN/AHMAD FAUZIEIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

BANDUNG, KOMPAS.com - Transaksi penarikan uang (outflow) pada tahun 2013 di Jawa Barat ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Sementara, transaksi penukaran uang pada tahun 2013 ini mengalami penurunan.

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia wilayah VI Jabar Banten, Dian Ediana Rae di Bandung, Jawa Barat, Rabu, (23/10/2013).

"Pada tahun 2013 ini transaksi penarikan uang meningkat, sementara transaksi penukaran uang menurun," kata Dian.

Dian mengatakan, hingga September 2013 ini transaksi penarikan uang mencapai Rp 26,82 triliun dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai Rp 19,3 triliun. "Peningkatannya mencapai 38,98 persen," kata Dian.

Sementara itu, untuk transaksi penukaran uang di Jawa Barat ini menurun atau lebih rendah dari tahun sebelumnya.

Berdasarkan catatan BI Jabar, hingga September 2013 ini, Bank Indonesia hanya baru melayani penukaran uang sebesar Rp 485 miliar yang terdiri dari Rp 478 miliar uang kertas dan sisanya uang logam.

Padahal, pada tahun 2012, transaksi penukaran uang lebih besar dibandingkan tahun sekarang ini, yakni mencapai Rp 750 miliar yang terdiri dari Rp 734 miliar uang kertas dan sisanya uang logam. Selisih penurunan ini, bisa dikatakan cukup jauh, yakni, mencapai 40 persen.

Kendati demikian, Bank Indonesia, lanjut Dian, berharap transaksi penukaran uang lebih meningkat daripada tahun sebelumnya. "Kita berharap adanya peningkatan," harapnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X