Kompas.com - 24/10/2013, 11:10 WIB
Ilustrasi Merek SHUTTERSTOCKIlustrasi Merek
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com -Produsen Roti asal Jepang, Yamazaki Baking Co.Ltd kini bisa bernafas lega. Pengadilan Niaga Jakarta Pusat mengabulkan gugatan pembatalan merek Yamazaki milik pengusaha lokal Condro Widjojo.

"Mengabulkan gugatan penggugat seluruhnya," ujar ketua majelis hakim Arif Waluyo (23/10/2013).

Majelis menyatakan Yamazaki adalah merek terkenal. Merek ini sudah terdaftar di berbagai negara.

Menurut majelis, Merek Yamazaki milik Condro mempunyai persamaan pada pokoknya dengan merek penggugat. Persamaan ini meliputi susunan huruf dan bunyi ucapan.

Condro Widjojo dinilai mendaftarakan merek Yamazaki dengan itikad tidak baik, yaitu membonceng keterkenalan merek milik penggugat. Pendaftaran merek ini juga dilakukan Condro tanpa sepengetahuan penggugat.

Terkait putusan ini, kuasa hukum Yamazaki Baking, Marodin Sijabat enggan berkomentar. Sementara kuasa hukum Condro tidak hadir dalam persidangan.

Sebelumnya Yamazaki Baking Co.Ltd menggugat pengusaha lokal asal Surabaya, Condro Widjojo di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat. Gugatan ini dilayangkan lantaran Yamazaki Baking tidak terima dengan pendaftaran merek Yamazaki oleh Condro Widjojo.

Penggugat mengklaim sebagai pemilik sah merek Yamazaki yang sudah terkenal di dunia. Merek Yamazaki terdaftar di Jepang sejak tahun 1977 untuk melindungi barang di kelas 30. Sejak tahun 2003 merek Yamazaki kembali didaftarakan di Jepang untuk melindungi barang di kelas 29,30,31, dan 32.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain di Jepang, Yamzaki juga telah terdaftar di berbagai negara di dunia, diantaranya Amerika Serikat, Perancis, China, dan Singapura. Di Indonesia sendiri Yamazaki milik penggugat telah diajukan pendaftarannya di Direktorat Merek pada tanggal 9 Mei 2012 dengan no agenda D002012021880 untuk melindungi barang di kelas 30.

Yamazaki Baking menuding Condro Widjojo mendaftarakan merek Yamazaki dengan itikad yang tidak baik. Hal ini lantaran merek Yamazaki yang sudah terdaftar memiliki persamaan pada pokoknya dengan merek Yamazaki miliknya. Persamaan ini terlihat dalam penyusunan kata dan bunyi ucapan.

Adanya persamaan ini dikhawatirkan dapat membingungkan dan menyesatkan konsumen serta menimbulkan kesan seolah-olah penggugat memiliki hubungan dengan tergugat.

Untuk itu Yamazaki Baking meminta majelis hakim Pengadilan Niaga Jakarta Pusat untuk membatalkan merek Yamazaki atas nama Condro Widjojo. (Wuwun Nafsiah)



Sumber
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X