Transaksi di Trade Expo Indonesia Diklaim Tembus Rp 20 Triliun

Kompas.com - 24/10/2013, 15:36 WIB
Menteri Perdagangan Gita Wirjawan Sabrina Asril/Kompas.comMenteri Perdagangan Gita Wirjawan
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Trade Expo Indonesia (TEI) yang digelar selama lima hari mulai dari 16 hingga 20 Oktober 2013 diklaim berhasil membukukan transaksi 1,82 miliar dollar AS atau sekitar Rp 20,02 triliun. Jumlah itu mengalami kenaikan 82 persen dari TEI ke-27 yang hanya tercatat mencapai 1 miliar dollar AS.

“Nilai transaksi dalam penutupan TEI itu belum termasuk pesanan-pesanan yang akan kita tindaklanjuti. Sehingga kita optimis sangat mungkin target 2 miliar itu tercapai,” ujar Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dalam konferensi pers di kantor Kementerian Perdagangan, di Jakarta, Kamis (24/10/2013).

Menurut Gita, TEI ke-28 bisa mencapai transaksi sebesar itu lantaran didorong peningkatan jumlah pembeli yang cukup signifikan. Dalam pameran dagang itu, jumlah buyers tercatat sebanyak 9.343 orang dari 118 negara, atau mengalami kenaikan 90 persen dibanding tahun sebelumnya yang hanya sekitar 6.000 buyers.

Adapun transaksi produk tercatat sebesar 692,2 juta dollar AS (37,91 persen), transaksi jasa sebesar 65,9 juta dollar AS (3,61 persen), sedangkan investasi sebesar 1,068 miliar dollar AS (58,49 persen).

“Investasi dilakukan di sektor pertambangan, manufaktur (ban dan glassware), pengelolaan air bersih, pertanian, perdagangan, tekstil, dan alat kesehatan,” ujar mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) itu.

Gita mengatakan, capaian TEI 2013 tidak terlepas dari peran aktif KBRI, Atase Perdagangan, Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) yang mensosialisasikan TEI di wilayah akreditasinya masing-masing.

Selain itu, juga karena adanya dukungan dari kementerian dan lembaga terkait, seperti Kementerian Perindustrian, dan BKPM.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X