Kompas.com - 25/10/2013, 08:53 WIB
EditorErlangga Djumena

Mengapa asuransi di beberapa negara termasuk di Indonesia tidak mencover biaya pengobatan atas penyakit yang diderita polis holder sebelum tanda tangan kontrak dengan asuransi, sedangkan di Uni Eropa bisa dicover dengan basic insurance. Apakah ada faktor yg membedakan? Thanks.
(Ronald Yudo, 30 Tahun)

Dear Ronald Yudo,

Salah satu prinsip dasar dalam asuransi dikenal dengan nama Utmost Good Faith, yaitu suatu tindakan untuk mengungkapkan secara akurat dan lengkap semua fakta yang bersifat material (material fact) mengenai sesuatu yang akan diasuransikan baik yang diminta maupun tidak.

Artinya adalah: si penanggung harus dengan jujur menerangkan dengan jelas segala sesuatu tentang luasnya syarat/kondisi dari asuransi dan si tertanggung juga harus memberikan keterangan yang jelas dan benar atas obyek atau kepentingan yang dipertanggungkan.

Apabila pemilik polis atau tertanggung telah mengidap suatu penyakit sebelum menandatangani kontrak asuransi (sebelum polis diterbitkan) dan hal tersebut telah diungkapkan secara jujur kepada pihak penanggung, maka ada beberapa keputusan yang akan diberikan oleh penanggung kepada pemilik polis atau tertanggung, yaitu:
a. Polis diterima dengan premi normal,
b. Polis diterima dengan penambahan premi (ekstra premi),
c. Polis ditunda sampai dengan waktu tertentu dan
d. Polis ditolak.
Hal ini pun pada dasarnya berlaku secara universal, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Semoga menjelaskan.

Terima kasih
Ir. Wahyu Irawanto, LUTCF, CFP®

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.