Kota Malang Luncurkan Pajak Online Pertama di Jatim

Kompas.com - 28/10/2013, 15:37 WIB


MALANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Malang meluncurkan program sistem pajak online atau e-tax. Program tersebut pertama di Provinsi Jawa Timur. Sebelumnya hanya DKI Jakarta yang menjalankan program tersebut.

Sistem pajak secara online itu, diberlakukan sebagai salah satu upaya mengurangi adanya potensi kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak restoran, hotel, dan tempat hiburan yang dikelola oleh Dinas Pendapatan (Dispenda) Kota Malang.

Walikota Malang Muhammad Anton, mengatakan, sistem pajak online sebagai salah satu upaya pemberantasan korupsi dari sektor pajak juga. "Dengan program online ini, para wajib pajak tidak akan bisa memanipulasi besaran pajak yang harus dibayarkan. Dan ini salah satu formula bagaimana cara mengatasi dan merubah sistem yang baik di Kota Malang," katanya usai acara launching pajak sistem online di Hotel UB Kota Malang, Senin (28/10/2013).

Menurut dia, sistem pajak online ini, menguntungkan para pengusaha restoran, hotel, dan tempat hiburan yang ada di Kota Malang. Mengapa? Karena beber Anton, wajib pajak tak perlu menghitung besaran yang harus dibayarkan, melainkan akan terhitung secara otomatis.

"Dengan adanya sistem pajak online, wajib pajak bisa melakukan update data secara otomatis. Dan ini pertama di Indonesia untuk kota dan kabupaten. Belum ada pemerintah daerah yang menerapkan sistem ini. Baru di DKI Jakarta oleh Gubernur Jokowi," katanya.

Dalam penerapannya, Pemkot Malang bekerjsama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kota Malang. "Semua sistem online, dijalankan oleh BRI. Di akhir bulan, pembayaran pajak akan secara otomatis masuk ke rekening Dispenda Kota Malang," katanya.

Potensi pajak di Kota Malang, tambah Anton, cukup besar. Dengan proses penerapan pajak online ini, akan maksimal dan memberikan laporan detail proses transaksi pajak ke Dispenda. "Akan lebih mudah untuk Dispendan dan wajib pajak juga, kata pemimpin wilayah BRI Malang, Mardi Wibawa.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X