Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengusaha: Upah Tak Selesaikan Masalah Kesejahteraan Buruh

Kompas.com - 29/10/2013, 13:16 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi menuturkan, upah bukanlah satu-satunya hal yang bisa menuntaskan masalah kesejahteraan buruh. Menurutnya, ada faktor lain yang menyumbang kesejahteraan buruh seperti ketersediaan rumah murah, akses kesehatan yang murah, dan transportasi murah.

"Kesejahteraan tidak bisa satu-satunya lewat upah. Tapi, buruh lihatnya upah itu hidup mati dia," kata Sofjan di kantornya, di Jakarta, Selasa (29/10/2013).

Untuk itu, lanjutnya, harus ada campur tangan dari pemerintah, guna mencapai kesejahteraan buruh. Sofjan pun menegaskan, pengusaha bukanlah satu-satunya pihak yang harus bertanggungjawab untuk menuntaskan soal kesejahteraan.

"Misal kalau bilang tuntutan itu karena inflasi, memang itu tugas pengusaha? Bukan. Itu tugas pemerintah untuk menjaga inflasi," lanjutnya.

Di sisi lain, ia mengklaim, pengusaha telah siap menambah kesejahteraan buruh melalui sistem jaminan sosial nasional, yang seluruhnya akan berjalan 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com