Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertagas Targetkan Laba Bersih Rp 1,5 Triliun

Kompas.com - 29/10/2013, 16:54 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha PT Pertamina yang bergerak di bidang gas, PT Pertagas, menargetkan bisa meraup laba bersih Rp 1,5 triliun pada 2014.

Corporate secretary PT Pertagas (Persero) Agus Eko, Selasa (29/10/2013) menyatakan tahun ini perseroan menargetkan bisa meraih laba Rp 1,2 triliun.

"Kecenderungan permintaan gas ke depan semakin meningkat. Hal ini menjadi peluang untuk meraup pendapatan dan laba yang lebih tinggi," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal basis industri manufaktur (bim) Kementerian Perindustrian, Beni Wahyudi mengatakan, sektor industri tahun depan terus akan tumbuh dan membutuhkan pasokan energi seperti gas.

"Berkaitan dengan gas atau energi itu diperlukan industri bahan baku, misalnya untuk pengolahan pupuk, urea, dan bisa metanol," sebutnya.

Dari data Kementerian Perindustrian, proyeksi kebutuhan gas sektor industri mencapai 2.300 mmscfd. Kebutuhan gas tersebut terbagi untuk bahan baku, untuk proses produksi, serta sumber energi.

Selain dari peluang pertumbuhan sektor industri, Eko mengatakan, pendapatan PT Pertagas (Persero) juga akan digenjot dari berbagai diversifikasi usaha. Sementara itu, ketika disinggung mengenai open access pipa gas yang melibatkan PGN, Eko menegaskan, "Kami tidak bermusuhan dengan PGN," ujarnya.

Menurutnya, jika PT Pertagas meraih lebih banyak keuntungan dari adanya open access, itu lantaran kerugian investasinya telah dijamin oleh regulator, dalam hal ini BPH Migas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com