Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Masih Minat Buka Cabang di Malaysia

Kompas.com - 30/10/2013, 20:15 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk berupaya untuk menembus hambatan-hambatan ekspansi bisnis ke negeri jiran, Malaysia.

Direktur Utama Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin memaparkan, beberapa hambatan ekspansi tersebut di antaranya tak boleh mendekatkan pelayanan ke nasabah, ada batasan jumlah kantor cabang, serta aturan dimana saja lokasi ATM ditempatkan.

Padahal, bank sentral Malaysia menetapkan aturan modal awal yang harus disetor untuk ekspansi ini sebesar 300 juta ringgit, yang harus dipenuhi dalam tempo 5 tahun.

Concern kita bukan hanya modal. Kalau uang, kita punya kok. Bank Mandiri punya uang. Tapi kalau ada syarat modal segitu, ya jangan dibatasi ATM hanya di kantor cabang, kantor cabang hanya di lokasi tertentu,” ujar Budi di Plaza Mandiri, Jakarta, Rabu (30/10/2013).

“Kita percuma spend modal banyak tapi cabang terbatas. Tapi kita bilang kita masih interest,” tuturnya lagi.

Menurut Budi, saat ini pihaknya telah melayangkan surat ke pihak Malaysia untuk memperlonggar aturan main untuk Bank Mandiri. Ia meminta agar kantor cabang tak dibatasi hanya delapan unit.

Budi juga mengatakan, pihaknya menawar agar ATM Bank Mandiri bisa ditempatkan di area publik, seperti perkantoran atau permukiman tempat di mana banyak TKI bekerja.

Selain itu, ia juga berharap agar tidak ada perbedaan charge terlalu besar antara bank lokal Malaysia dengan bank asing, seperti Bank Mandiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com