Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba Bersih Astra Turun 8 persen

Kompas.com - 31/10/2013, 18:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  PT Astra International Tbk (ASII) membukukan penurunan laba pada akhir kuartal III-2013 sebesar 8 persen menjadi Rp 13,5 triliun.

Seiring dengan itu, pendapatan ASII pun turun tipis, sebesar 1 persen menjadi Rp 141,8 triliun. Dari enam lini bisnis yang dilakoni Astra, hanya dua yang mengalami kenaikan laba. Bahkan, divisi otomotif yang menjadi andalan mengalami penurunan laba sebesar 5 persen. Laba dari divisi ini sebesar Rp 6,9 triliun.

"Meskipun volume penjualan otomotif dalam kondisi baik, pendapatan perseroan masih dipengaruhi ketatnya kompetisi di pasar mobil," ujar Prijono Sugiarto, Presiden Direktur Astra International dalam pernyataan resminya, Kamis (31/10/2013).

Selanjutnya, laba divisi alat berat dan pertambangan juga merosot 23 persen menjadi Rp 2,1 triliun. Divisi agribisnis yang diwakili PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) pun mengalami keterpurukan akibat longsornya harga minyak sawit mentah (CPO). Laba bersih divisi ini anjlok 45 persen menjadi Rp 726 miliar.

Demikian juga dengan laba divisi infrastruktur dan logistik pun turun 28 persen menjadi Rp 339 miliar. Kenaikan laba dua divisi bisnis, yakni jasa keuangan dan teknologi informasi (TI)  tidak mampu menopang laba bersih Grup yang dibangun oleh mendiang William Soeryadjaya ini.

Laba bisnis jasa keuangan Astra mengalami peningkatan 17 persen pada akhir September 2013 dibanding periode yang sama tahun lalu menjadi Rp 3,3 triliun. Adapun, divisi TI naik 23 persen year-on-year menjadi Rp 101 miliar. (Amailia Putri Hasniawati)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com