PT DI Serahkan Bagian Helikopter Cougar ke Perancis

Kompas.com - 01/11/2013, 20:20 WIB
Helikopter EC725 Cougar Tribun/istHelikopter EC725 Cougar
EditorBambang Priyo Jatmiko

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Dirgantara Indonesia (PT DI) menyerahkan fuselage (badan) dan tailboom (ekor) helikopter militer EC725 Cougar kepada perusahaan rekanan, Eurocopter, Jumat (1/11/2013). Fuselage dan tailboom helikopter Cougar ini merupakan karya pertama PT DI.

Sejak 2008, Eurocopter mempercayakan PT DI menjadi mitra pengembangan produksi upper dan lower fuselage serta tailboom helikopter Cougar dalam jangka waktu 10-16 tahun. PT DI selama ini baru mampu menyerahkan badan helikopter EC725 secara terasembli. Sebelumnya, PT DI bisa menyerahkan 23 unit tailboom dan 5 unit fuselage saja.

Nilai kontrak PT DI dengan Eurocopter sebesar 43 juta US Dollar. Kontrak ini untuk pembuatan fuselage dan tailboom, masing-masing 125 unit untuk helikopter Cougar EC725 (versi militer) atau EC225 (versi sipil).

Pada 2014 mendatang, PT DI menargetkan pengiriman 1 unit tailboom dan setiap 3 minggu dan 1 unit fuselage terintegrasi setiap 10 minggu. Karyawan PT DI yang dikerahkan untuk pengerjaan ini, sebanyak 120 orang. Mereka berlatar belakang pendidikan S1, D3 dan SMK, serta 80 persen tenaga muda.

"PT DI adalah salah satu pemasok industri raksasa di dunia seperti Airbus dan Eurocopter yang pesawat-pesawatnya sudah terbang di berbagai negara di dunia," ujar Supra Dekanto, Direktur Produksi PT DI, sesuai dalam rilis yang diterima Tribun, Jumat (1/11).

Fuselage dan tailboom pertama karya PT DI diserahkan ke Eurocopter di Perancis, untuk dilengkapi dengan mesin dan sistem terbang. TNI Angkatan Udara juga sudah memesan 4 unit helikopter Cougar ini. (Budi Prasetyo)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X